Selasa, 03 Maret 2020

Kredit Syariah Menjadi Salah Satu Pedoman Dalam Islam

BY Pampan

Sejak pertama kali bank syariah di dirikan tepatnya sejak tahun 1991 Islam. Statistik dari perbankan syariah nasional sendiri telah menunjukkan perkembangan yang sangat bagus dan menjanjikan. Dari Otoritas jasa keuangan sendiri atau (OJK) 2018 menyebut bahwa perkembangan dari bank investasi syariah online sendiri unggul lebih dari 4 – 5 % dari pada bank konvensional yang ada.

Semua itu tak lepas dari kinerja dari seluruh operasional yang ada di bank syariah yang sangat berpedoman pada syariat agama Islam. Semua kinerja yang dilakukan bersifat adil jujur dan terbuka. Tak heran jika banyak nasabah yang sudah tidak meragukan lagi jasa keuangan yang satu ini.

Kredit Syariah Menjadi Salah Satu Pedoman Dalam Islam

Bank syariah memiliki banyak keunggulan - keunggulan yang di tawarkan untuk para nasabahnya. Namun semua itu tidak serta merta membuat lembaga keuangan ini seenaknya sendiri dengan nasabahnya. Justru sebaliknya, nasabah sangatlah diperhatikan oleh pihak bank. Nasabah pada bank syariah justru di jadikan sebagai partner usaha oleh mereka.

Pada dasarnya bank syariah sendiri menjalankan fungsinya tak jauh berbeda dengan bank konvensional lainnya. Namun hal yang membedakan adalah cara mereka menjalankan keuangan bank tersebut. Pada bank syariah memiliki prinsip dan akad yang di pakai dengan  nasabah yang berbeda dengan bank lainnya.

Jika pada bank konvensional mendirikan pada segala kegiatannya pada hukum - hukum yang berlaku, operasional yang di jalankannya pun bertumpu pada hukum - hukum Indonesia. Namun pada bank syariah hukum dan syariat yang dijalankan bukan hanya berdasarkan peraturan perundang - undangan namun juga berdasarkan pada syariat agama Islam Quran dan hadis. 

Perputaran uang yang di lakukan pada bank syariah berpedoman pada syariat agama Islam. Semua operasional yang di jalankan langsung di awasi oleh MUI dan pemerintah, tak heran jika banyak nasabah yang sudah percaya pada lembaga keuangan syariah. Kredit syariah memang menerapkan transaksi bebas bunga, itu anggapan nomer satu yang ada di benak masyarakat kita.

Dalam menjalankan operasionalnya kredit syariah sangat transparan terhadap berbagai hal kepada nasabahnya, mulai dana yang keluar masuk sampai promo - promo yang ada, entah itu promo umroh ataupun promo haji. Berpedoman pada syariat Islam yang sangat menjunjung tinggi sikap kejujuran dan adil kepada semua nasabahnya, lembaga keuangan ini memiliki keunggulan tentang transparansi system. Seperti yang telah kami paparkan di atas. Transparansi sistem ini di lakukan karena bank syariah ingin segala keuntungan yang akan di dapat akan menguntung kedua belah pihak. Bukan hanya menguntungkan pihak bank saja atau hanya menguntungkan nasabahnya saja.

Karena dari awal pendirian bank syariah sudah berpedoman pada syariah Islam jadi mereka tidak pernah lupa akan kewajiban - kewajiban mereka sebagai umat muslim. Salah satunya adalah kewajiban membayar zakat. Ini merupakan salah satu keunggulan dari bank syariah, karena bank syariah mewajibkan nasabahnya untuk membayar zakat sebesar 2,5% seperti yang sudah tertulis dalam Al-Quran dan hadis. Jadi anda tidak perlu ragu lagi menggunakan jasa keuangan yang satu ini karena selain aman bank pinjaman syariah juga halal untuk dapat di lakukan.